Beranda / Blog / Blog / Gojek dan Unilever Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Taraf Hidup UMKM dan Konsumen di Indonesia

Gojek dan Unilever Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Taraf Hidup UMKM dan Konsumen di Indonesia

GoToko • 30 Sep 2020

Gojek dan Unilever menjalin kerja sama untuk memberikan dampak positif bagi konsumen, pelaku usaha, dan pekerja informal di Indonesia. Kedua perusahaan ini menggabungkan keahlian dan nilai-nilai mereka dalam mendorong rangkaian inisiatif agar seluruh lapisan masyarakat  dapat memenuhi kebutuhan di tengah pandemi COVID-19 maupun di masa selanjutnya. 

Di tengah pandemi COVID-19 dan melalui rangkaian inisiatif yang berkelanjutan, Gojek dan Unilever telah  berkolaborasi dalam mendukung pemberlakuan protokol kesehatan dan kebersihan bagi puluhan ribu mitra pengemudi dan konsumen Gojek, melalui distribusi hand sanitizer Lifebuoy Skin Immunity Boosting di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Pada kesempatan yang berbeda, kedua perusahaan ini berkolaborasi dalam meluncurkan program Sahabat Sekolah, sebuah program pelatihan bagi ribuan siswa di Bandung Raya. Program ini bertujuan untuk mendidik generasi muda tentang kesehatan dan keselamatan, sebagai bagian dari inisiatif Gojek, yaitu Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K). Adapun J3K bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan bersama, baik di dalam maupun di luar ekosistem perusahaan. 

Adapun inisiatif terbaru adalah kolaborasi Gojek dan Unilever melalui GoToko, platform digital B2B yang baru diluncurkan untuk menghubungkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen terkemuka. Kerja sama ini memungkinkan pelaku UMKM untuk menggunakan GoToko dalam mengakses rangkaian produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau. Fokus utama kolaborasi ini adalah menjawab kebutuhan sekitar 2,5 juta pengecer di Indonesia. Mereka adalah pemilik warung kelontong dalam kategori underserved atau kurang terlayani, yang menghadapi sejumlah tantangan, antara lain terbatasnya ragam produk yang mereka tawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, dan kurangnya layanan pengiriman yang andal, dan hemat biaya. Kerja sama ini hadir di saat terjadinya percepatan dalam peralihan ke layanan online di Indonesia, dengan hampir 60% konsumen telah mencoba metode baru belanja secara online sejak awal tahun ini. 

Dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, prioritas Gojek dan Unilever tetap sama, yaitu untuk terus memenuhi kebutuhan harian konsumen. Oleh karena itu,  kemampuan memberikan akses terhadap berbagai macam rangkaian produk kebutuhan sehari-hari, serta pengalaman Unilever yang luas dalam hal bermitra dengan para peritel tradisional yang dipadukan dengan teknologi dan jejak digital Gojek di Indonesia, dapat bermanfaat bagi berbagai segmen masyarakat di Indonesia dan membangun keamanan serta  ketahanan yang lebih baik bagi perekonomian dalam berbagai situasi.