Beranda / Blog / Blog / GoToko: Inovasi untuk Ritel yang Kurang Terlayani

GoToko: Inovasi untuk Ritel yang Kurang Terlayani

GoToko • 29 Aug 2020

Sejalan dengan  inisiatif #MelajuBersamaGojek dalam memberikan solusi inklusif dan komprehensif bagi pelaku UMKM untuk “go digital”, Gojek menghadirkan GoToko sebuah platform digital B2B yang memberikan layanan hulu ke hilir untuk  menghubungkan merek-merek ternama dan pemilik warung tradisional yang kurang terlayani.

Seperti yang diketahui, warung  memang punya peran penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Tercatat, sebanyak 3 juta pemilik warung telah berkontribusi pada hampir 80% pasar ritel Indonesia. Namun, kenyataannya 83% atau sekitar 2,5 juta warung tersebut masih masuk dalam kategori kurang terlayani. Salah satu faktor penghambatnya adalah lokasi warung yang kurang terjangkau. Hal yang kemudian menghambat pertumbuhan bisnis warung-warung tersebut, karena mereka tidak mendapatkan layanan yang memadai.

Bukan hanya itu saja, arung-warung ini juga masih harus berkutat dengan permasalahan seperti keterbatasan varian produk yang dapat mereka tawarkan, serta harga produk kulakan yang tidak kompetitif. Ditambah lagi, mereka juga kurang mendapat dukungan promosi dari produsen dan akses terhadap layanan pengiriman yang andal dan hemat biaya.

Sebagian besar warung yang kurang terlayani juga masih beroperasi dengan cara tradisional. Pemilik harus menutup warung untuk membeli stok barang dagangan, lalu melakukan perjalanan ke sejumlah agen distributor, melakukan sebagian besar pembayaran secara tunai, bahkan mengatur pengiriman barang sendiri.

Sejumlah permasalahan pelaku usaha warung itulah yang kemudian membidani lahirnya platform GoToko, yang bertujuan untuk memberikan berbagai manfaat sehingga warung bisa mendapatkan dan mengelola inventarisnya sendiri.

Lewat layanan hulu ke hilir yang ditawarkan GoToko, pemilik warung bisa menjalankan usaha dengan lebih mudah. Tidak hanya dapat menghemat biaya dan waktu, pemilik warung juga dapat sepenuhnya memfokuskan energi mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, para pelaku UMKM ini bisa bertahan, bahkan terus berkembang, apalagi di era pandemi yang penuh tantangan ini.

Melalui GoToko, pemilik warung akan mendapatkan kemudahan akses ke berbagai jenis produk kemasan dari sejumlah merek ternama.  Mereka juga tak perlu khawatir akan ketersediaan produk-produk yang mereka cari.  Berbagai produk akan selalu tersedia di dalam aplikasi dengan harga yang kompetitif dan transparan.  Sehingga, pemilik warung dapat dengan mudah mencari dan memesan barang yang diinginkan.

Selain kemudahan pemesanan, fitur GoToko juga akan mendongkrak produktivitas pemilik warung melalui berbagai kemudahan seperti: memantau riwayat pesanan, melacak pengiriman pesanan, melakukan pengelolaan persediaan, mengakses data penjualan dan keuangan, serta mendapatkan rekomendasi produk sesuai permintaan pasar.

Akses program promosi dan loyalitas dari merek produk semakin terbuka melalui platform GoToko. Tak berhenti di situ, GoToko juga mengajak para pemilik merek untuk berkolaborasi bersama guna mendukung pertumbuhan pelaku UMKM. Dengan bermitra bersama GoToko, pemilik merek dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan dan pemasaran produk baru, serta membuka peluang untuk memanfaatkan saluran pemasaran dan kampanye digital. GoToko juga bisa menjadi salah satu saluran riset pasar baru; promosi dan pemasaran berdasarkan target, dan mengurangi biaya untuk meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian jalur perdagangan umum. Hubungan dari hulu ke hilir inilah yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan sektor industri yang ada.

Pemilik warung kelontong dapat dengan mudah mengakses GoToko, yang hanya membutuhkan ponsel dengan spesifikasi minimal spesifikasi minimal Android 6 untuk dapat mengunduh aplikasi GoToko yang saat ini tersedia di Google Play Store. Informasi terbaru tentang GoToko bisa didapatkan di gotoko.co.id.